Selasa, 28 September 2010

TIPE MESIN MOTOR YANG BEREDAR DI INDONESIA

BAB MESIN MOTOR OLEH RIFQI AZIZ DAN BAGUS PUTRANTO 
( arex SMA BAND )


Mesin di  zaman modern seperti ini sangat dibutuhkan oleh manusia, seiring dengan perkembangan zaman maka munculah mesin motor, mesin motor dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu mesin motor 2 tak(two stroke) dan mesin motor 4 tak(four stroke), stroke dapat diartikan juga sebagai langkah, tepatnya apabila mesin 2 tak,

proses pembakaranya dilakukan hanya 2 langkah yaitu, 


(1)   Seher melaju ke TMA(Titik Mati Atas) di mana posisi atap seher menyentuh kubah  
(2)   Dan dikubah silinder kop sudah terdapat campuran bensin, udara dan aliran listrik yang berasal dari busi, proses ini dinamakan dengan langkah kompresi, dan pada mesin 2 tak langkah kompresi dibantu dengan oli samping

Sedangkan mesin 4 tak langkah kompresinya dimulai dengan  


(1)   Posisi seher berada pada TMB (Titik Mati Bawah) yaitu dinding seher tenggelam dalam lubang crankcase,
(2)   Pada saat seher pada posisi TMB klep in membuka
(3)   Dan pada saat seher berada pada TMA klep ex menutup dan klep in membuka
(4)   Dan pada saat itu terjadi proses pembakaran


Gambar, tempat terjadinya proses pembakaran.silinder kop





Di indonesia sudah banyak beredar berbagai jenis motor dari dua tak sampai dengan 4 tak, mesin motor dua tak tidak berkembang seperti mesin motor 4 tak yang lebih irit bahan bakar serta lebih ramah lingkungan,



Mesin motor 4 tak dibedakan menjadi tiga tipe menurut silinder kop:

Gambar silinder kop,silinder kop jupiter z


(1)   Mesin motor tipe SOHC : tipe mesin ini paling banyak dijumpai di indonesia, dengan ciri pada silinder kop hanya terdapat,
-          1 buah klep in
-          1 buah klep ex
-          1 buah noken as (chamsaft)
-          Dan 2 rocker arm
-          Lubang busi terdapat di samping
Contoh            : supra x,vega, jupiter, smash,blitz r, dll                       

                                                               Gambar klep in dan ex                                                  
           
                                                                 gambar noken as

(2)   Mesin motor  tipe DOHC : tipe mesin ini sudah banyak dijumpai di indonesia, dengan ciri pada silinder kop terdapat,                                   
-          2 buah klep in
-          2 buah klep ex
-          2 buah noken as
-          4 buah rocker arm
-          Lubang busi berada pada sisi atas
Contoh : suzuki satria f, CBR 150 dan 250, dan ninja 4 tak

(3)   Mesin motor tipe Desmodicini : mesin ini hanya dipunyai oleh motor produk Ducati, dengan ciri pada silinder kop terdapat,
-          2 buah klep in
-          2 buah klep ex
-          4 buah noken as
-          4 buah rocker arm
-          Lubang busi berada pada sisi atas




Mesin motor 4 tak dibedakan menjadi tiga tipe menurut posisi silinder blok :

(1)   Jenis single silinder : pada tipe ini hanya terdapat  1 buah silinder blok, dengan ciri
-          Hanya mempunyai  1 seher
-          1 as kruk tak bercabang
-          1 setang
Contoh : vega,jupiter,supra,ninja 4 tak, satria fu/engkel,mega pro, tiger, dll

(2)   Jenis v twin: pada tipe ini terdapat 2 buah silinder blok dengan posisi membentuk huruf v, dengan ciri,
-          Mempunyai 2 seher
-          Mempunyai as kruk yang bercabang(conroad)
-          Mempunyai  2 setang seher
Contoh : rx-125

(3)   Jenis l twin: pada tipe ini terdapat 2 buah silinder blok yang membentuk huruf L atau 90 derajat, dengan ciri,
-          Mempunyai 2 seher
-          Mempunyai as kruk yang bercabang (conroad)
-          Mempunyai 2 setang seher
Contoh : vespa garapan dadank handaru jogjakarta,binter merzy

Mesin motor 4 tak dibedakan menjadi dua tipe menurut otak pembakaran :

(1)   Menggunakan karburator : mesin jenis ini merupakan mesin yang paling banyak di jumpai di indonesia, yaitu masuknya bensin ke lubang inlet dengan perantara karburator
Contoh : vega,jupiter,supra,satria fu/engkel,mega pro, tiger, dll

Gambar karburator, karbutaor ninja




(2)   Menggunakan injection/injeksi, dalam sistem ini bensin langsung masuk ke mesin dan udara diatur dalam mesin injeksi, kelebihan sistem ini adalah bensin menjadi lebih irit, dan teknologi ini terus dikembangkan di indonesia.
Contoh : yamaha vixion, supra PGM-F1,shogun EFI






by : SEKAWAN TEKNIK





 THANK YOU FOR
 (BLANK BLONTANG SPEED)


(TRAIL E LURAH PLOSO GENOK)




 VEGANE KANG AJEZ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar