Kamis, 14 Oktober 2010

MESIN DAN ELEKTRONIK


ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH

 CARA MENGKOHAR (KOREK HARIAN) MOTOR 4 TAK BERBAGAI MERK
By  : MUHAMMAD RIFQI AZIZ
            Seiring dengan berkembangnya zaman, maka muncul cara-cara memaksimalkan kinerja mesin motor, dan khususnya anak muda merasa tidak puas dengan power motor standart, maka berikut ini cara-cara untuk mengkorek motor 4 tak. Dari pabrikan yamaha, honda dan suzuki.
1.      Motor pabrikan YAMAHA, sebagai contoh VEGA-R 2003 s.d 2005(lama)
kelas 100 s.d 110 cc
motor ini termasuk motor yang irit dikelasnya, hanya bermodalkan 103 cc namun motor ini dapat berlari kencang dan handlingnya juga mudah, sekedar catatan motor ini menurut saya motor 4 tak yang tercepat di kelas 100 cc dengan lawan tangguhnya yaitu saudara tuanya yamaha crypton, spek mesin hampir sama dengan yamaha crypton hanya bedanya pada sistem pengapianya, pada vega menganut arus AC sedangkan pada crypton menganut arus DC.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkorek mesin vega yang masih bisa digunakan untuk harian.
A.      Dari sektor mesin
-          Ganti seher dengan jupiter (51,25 mm)
-          Kepras silinder blok 1 s.d 5 mm
-          Bubut noken as
-          Bubut magnet beberapa mm
-          Ganti per klep dengan yang lebih kenyal (smash,kaze dll)
-          Ganti per kopling dengan yang lebih kenyal (smash)
-          Ganti kampas kopling dengan suzuki FR 80
-          Ganjal matahari diafragma gigi (plimer)/ pasang kopling manual
-          Pakailah karbu shogun 125, dengan skep rc 100,gl 100 dll
-          Atur kembali spuyer
-          Haluskan lubang inlet dengan amplas/kertas gosok
-          Ganti manifold dengan manifold smash
-          pakailah knalpot racing dengan leher membentuk sudut 90 derajat
-          Terakhir ganti gear depan belakang dengan ukuran 13-35/13-36.

Gambar rumah kampas dan per kopling




Gambar spuyer(NINJA) 




B.      Dari sektor pengapian
-          Koil cukup pakai orisinil karena sudah
-          Cdi cukup pakai orisinil karena sudah baik
-          Pakai busi tipe iridium racing
           

            Dari hasil tersebut maka motor anda akan mempunyai cc sebesar
  3,14 x bore x bore x stroke : 4                                  bore     : diameter seher
=3,14 x 51,25 x 51,25, 54 : 4                                       stroke  : panjang langkah
=111 cc

2.      Motor pabrikan HONDA, sebagai contoh BLADE kelas 100 cc s.d 110 cc
Motor ini diklaim sebagai motor yang diperuntukan untuk balap oleh pabrikan
HONDA,motor  ini memang mempunyai power yang sudah mumpuni untuk terjun dilintasan balap Road Race, meskipun sudah mempunyai power yang bagus tidak ada salahnya untuk mengkorek mesinya.
             Berikut langkah-langkahnya
A.      Dari sektor mesin
-          Seher standart
-          Klep standart
-          Per klep ganti dengan kepunyaan sonic
-          Noken as dibubut
-          Bubut magnet
-          Pasang kopling manual
-          Karbu pakai punya (rx-125,rx-100,gl pro, rx-king)
-          Ganti pegas kopling dengan pegas kopling model kompetisi (CLD,HRP,R9,Dll)
-          Haluskan lubang inlet
-          Atur spuyer kembali
-          Pake knalpot model kompetisi
-          Terakhir ganti gear dengan keperluan

C.      Dari sektor pengapian
-          Koil yamaha YZ 125
-          CDI BRT,Rextor,Cita,Vortex dll
-          Pakai busi Iridium
Dari hasil modifikaasi tersebut maka cc motor anda tidak akan berubah, namun power akan meningkat beberapa dk.

3.      Motor pabrikan SUZUKI, sebagai contoh NEW SMASH kelas 100 s.d 110 cc
Motor yang dijuluki motor si gesit irit ini mempunyai cc sebesar 110, new smash
ternyata mempunyai ring piston yang sangat kuat dan handal serta karburatornya juga banyak diaplikasi di motor drag yang turun di kelas standart, agar motor ini dapat berlari kencang, maka perubahan-perubahan yang dilakukan adalah sebagai berikut,
A.      Dari sektor mesin
-          Ganti karbu dengan karbu milik shogun 125
-          Atur ulang spuyer
-          Kepras silinder blok 1 s.d 5 mm
-          Bubut noken as
-          Bubut magnet beberapa mm
-          Ganti kampas kopling dengan suzuki FR 80
-          Ganjal matahari diafragma gigi (plimer)/ pasang kopling manual
-          Haluskan lubang inlet dengan amplas/kertas gosok
-          pakailah knalpot racing dengan leher membentuk sudut 90 derajat
-          Terakhir ganti gear depan belakang dengan ukuran 13-35/13-36.
D.     Dari sektor pengapian
-          Koil suzuki RM 80
-          CDI BRT,Rextor,Cita,Vortex dll
-          Pakai busi Iridium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar